Tafsir Surat Pendek: Tafsir surat Alfatihah

Tafsir Surat Pendek: Tafsir surat Alfatihah

AlFatihah

Tafsir surat pendek. : Tafsir surat Alfatihah, Tafsir Surat An Naas. Bismillah yaitu maksudnya aku memulai dengan nama Allah Ta’ala karena lafaz nama itu bentuknya mufrad mudhaf, maka mencakup semua asma-ul husna.

Previe Ebook (klik panah untuk berganti slide):

tafsirsuratpendek
yayasan
30 Pelajaran Dari Ramadhan Nabi SAW
30 Pelajaran Dari Ramadhan Nabi SAW

Penulis: Muhammad Bin Syamiy Syaibah. Dari Abu Hurairah, dia berkata, ‘Rasulullah bersabda, ‘Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah wajibkan atas kalian berpuasa padanya, di dalamnya, pintu-pintu langit dibuka, di dalamnya pintu-pintu neraka ditutup, di dalamnya kedurhakaan syaitan dibelenggu, di dalamnya ada sebuah malam milikAllah, yang lebih baik daripada seribu bulan, siapa…

previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow

“Ar-Rahman Ar-Rahim” dua nama yang menunjukkan Allah pemilik sifat rahmah yang luas dan besar dan mencakup segala sesuatu dan yang hidup. Allah tetapkan bagi orang yang bertakwa dan mengikuti para nabi dan rasul. Mereka (makhluk) mendapatkan rahmah secara mutlak selain itu akan mendapat bagian/ jatah. Ketahuilah bahwa kaidah yang telah disepakati oleh umat dan para imam yaitu beriman dengan nama dan sifat Allah dan hukum terkait sifat.

Beriman dengan nama misalnya “Allah rahman dan rahim” yaitu memiliki sifat rahmah dan terkait dengan makhluk yang mendapatkan rahmah. Seluruh nikmat adalah dampak dari rahmat Allah, then, demikian juga berlaku (kaidah) pada semua nama Allah. (Misalnya lagi) nama “al-Alim”: Allah Maha Mengetahui dan memiliki ilmu, mengetahui semuanya, maka berkuasa dan mempunyai kuasa atas segala sesuatu.

Tafsir Surat Pendek Segala puji bagi Allah Rabb seru sekalian alam

Alhamdulillah

Tafsir: “Alhamdulillah” yaitu pujian kepada Allah atas semua sifat yang sempurna, pujian terhadap semua perbuatan Allah yang mengandung keutamaan dan keadilan, bagi Allah pujian kesempurnaan dalam segala sisi.

“Rabbal ’Alamin” Ar-Rabb adalah yang mengajarkan/memberikan ilmu seluruh alam. Semesta alam adalah selain Allah, dengan ciptaan Allah dan Allah siapkan sebagai ayatayatnya. Allah berikan kenikmatan yang besar. Apabila semua makhluk tidak mendapatkan kenikmatan ini, tidak akan ada yang tersisa bagi mereka.

Thus, Apapun kenikmatan yang didapatkan bagi mereka adalah dari Allah Ta’ala. Bentuk tarbiyah Allah pada makhluknya ada dua macam: umum dan khusus. Yang umum yaitu Allah menciptakan yang lainnya (semisal langit dan bumi) untuk makhluk, Allah beri rezeki, Allah beri petunjuk untuk kemashlahatan mereka dan ini (modal) untuk hidup di dunia. Yang khusus: Tarbiyah Allah bagi para wali. Allah berikan keimanan, taufik, kesempurnaan, Allah lindungi dari bahaya dan faktor-faktor yang meghalangi makhluk dengan Allah.

Rabbil ‘Alamin

Therefore, lafadz “Rabbil ’Alamin” menunjukkan hanya Allah lah yang mengatur, menciptakan, memberi nikmat dengan kesempurnaan kekayaannya. Menunjukkan juga betapa butuhnya semesta alam kepada Allah dari segala sisi dan bentuk.

Link download: Di tautan ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *