kumpulan Catatan Hikmah Untuk Pencari Kebenaran

kumpulan Catatan Hikmah Untuk Pencari Kebenaran

Berikut ini kumpulan Catatan Hikmah Untuk Pencari Kebenaran.

Ilmu Mengenal Allah

Ilmu tentang Allah mencakup ilmu tentang nama-nama dan sifat-sifat-Nya. Keyakinan bahwasanya Allah itu
ada. Bahwa Dia ada di atas Arsy. Dia memiliki nama-nama yang maha indah dan sifat-sifat yang paling mulia. Sebagaimana yang disebutkan oleh diri-Nya sendiri maupun yang disebutkan oleh Rasul-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Ilmu bahwasanya Allah adalah Rabb (penguasa dan pemelihara). Sedangkan selain-Nya adalah yang dikuasai dan diatur oleh-Nya. Allah adalah pencipta sedangkan selain-Nya adalah makhluk ciptaan-Nya. Bahwa Allah adalah penguasa sedangkan selain-Nya adalah dikuasai oleh-Nya. Bahwa Allah adalah yang maha mengatur sedangkan selain-Nya adalah yang diatur.


Baca juga 40 hadits Lemah dan Palsu

Termasuk juga di dalamnya adalah ilmu bahwasanya Allah adalah yang berhak untuk disembah. Tidak ada yang berhak menerima ibadah kecuali Dia. Ibadah itu meliputi perintah dan larangan. Perintah dikerjakan sedangkan larangan ditinggalkan. Demikian pula ibadah itu mencakup segala hal yang dicintai oleh Allah dan diridhai-Nya berupa ucapan dan perbuatan yang batin dan yang lahir. Hanya Allah yang berhak mendapatkan ibadah apa pun bentuknya.

Ibadah

Sholat, zakat, puasa, haji, doa, sembelihan, nadzar, isti’adzah, istighotsah, tawakal, and khauf/takut, raja’/harapan. Hal tersebut semua tidak boleh ditujukan kecuali kepada Allah semata. So, Ibadah itu adalah hak Allah sehingga tidak boleh memalingkannya kepada selain-Nya siapa pun juga. So, Apakah itu malaikat yang dekat dengan Allah ataupun nabi yang diutus oleh-Ny Tidak boleh menujukan ibadah kepada Jibril or malaikat lainnya.

Catatan Hikmah Untuk Pencari Kebenaran

So. tidak boleh pula menujukan ibadah kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam ataupun nabi yang lainnya. Apabila mereka berdua saja tidak boleh mendapatkan peribadatan, maka selain mereka tentu saja lebih tidak boleh. But, Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam memiliki hak untuk kita taati, cintai, dan agungkan.
But, ibadah sama sekali bukan menjadi hak beliau untuk menerimanya. Sesungguhnya ibadah itu adalah hak Allah saja, tiada sekutu bagi-Nya.
Sumber : Syarh al-Ushul ats-Tsalatsah oleh Syaikh Abdul Aziz ar-Rajihi, hal. 12-13

Akses juga Kajian.net

Pentingnya belajar nahwu

Kaum muslimin yang dirahmati Allah, tidaklah tersembunyi bagi kita begitu besar keutamaan menimba ilmu agama. Dan diantara ilmu yang penting dipahami oleh setiap penimba ilmu adalah kaidah bahasa arab, especially ilmu nahwu.
Ilmu nahwu adalah ilmu yang mempelajari kaidah-kaidah yang mengatur keadaan akhir kata dalam bahasa arab, perubahannya, dan kedudukan kata di dalam setiap kalimat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *