10 Adab Muslim Sehari-Hari yang Paling Agung

10 Adab Muslim Sehari-Hari yang Paling Agung

Penulis: Shaikh Solih Al-Ushoimi : Bismillahirrahmanirrahim, Ketahuilah wahai sadaraku, semoga Allah memberi kita hidayah kepada sebaik-baik akhlak, ada 10 adab dari adab-adab yang paling agung. 10 Adab Muslim Sehari-Hari yang Paling Agung. Penulis memulai tulisan ini dengan ‘basmalah‛ saja dan beliau tidak menambahkan tahmid, hal ini dikarenakan penulis ingin mengikuti apa yang dilakukan oleh Nabi shallallahu alaihi wasallam ketika beliau menyurati para raja di zamannya dan begitu pulalah harusnya dengan tulisan-tulisan.

Baca juga: Berbagi Faedah Fikih Puasa

Berikut 10 Adab Muslim yang Paling Agung

Kemudian beliau menyebutkan‚ Bahwa ada 10 adab dari adab-adab yang paling agung.‛ Sungguh adab itu ada banyak jumlahnya, banyak babnya. Namun pada kesempatan ini penulis hanya membawakan 10 saja dan menyebutkan bahwa adab-adab ini sangatlah agung karena kepentingan yang terkandung di dalamnya. Kenapa 10 adab ini dikategorikan kepada adab yang paling agung? Karena dua hal berikut:

Pertama, karena syariat sangat memperhatikannya. Kita dapati banyak sekali pembahasan yang menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan 10 adab tersebut dalam syariat.

Kedua, karena seringnya terjadi dan banyaknya praktik dalam kehidupan kita sehari-hari. Maka, hendaklah dalam kehidupan kita sehari-hari mengaplikasikan adab-adab ini karena seringnya bersentuhan langsung dengan kehidupan kita di siang hari ataupun di malam hari. Adapun adab adalah berasal dari Bahasa Arab yaitu ‚adab‛ yang berarti segala sesuatu yang terpuji baik secara syariat ataupun adat.

Maka semua hal yang terpuji secara syariat ataupun adat adalah ADAB, dan hakikat adab adalah segala perangai
yang baik. 10 Adab Muslim yang Paling Agung

10 Adab Muslim  yang Paling Agung

Adab yang baik itu adalah adab yang ditimbang dan yang dibentuk oleh dua hal pokok: HUKUM SYARIAT dan
KEBIASAAN DAN ADAT. Dan dua dasar pokok ini adalah sebaik-baik timbangan dan sumber dalam mencetak dan membentuk karakter agar seseorang memiliki adab dan akhlak yang agung. Dua hal ini telah mendahului ummat muslimin dalam pembentukan karakter dan adab dibandingkan dengan tulisan-tulisan orang-orang Barat yang diperlukan oleh umat manusia zaman ini. Yang mereka sebut ‚Protokol dan Etiket‛ atau apapun itu namanya.

Link download ebook: https://drive.google.com/file/d/1biQ5K6MBRdjJrOXvOSZuDEs28LjgOJRy/view?usp=sharing

Baca secara online:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *